Penyebab Kekalahan Barca atas Valencia

Penyebab Kekalahan Barca atas ValenciaPenyebab Kekalahan Barca atas Valencia – Barcelona menelan pil pahit atas kekalahan pertama yang mereka alami semenjak pekan ke- 34 pada ajang La Liga musim 2011/12. Kala itu, tim Barca kalah 1-3 dari Real Madrid dan yang masih menjadi pelatih saat itu adalah Josep Guardiola. Dan saat ini, momen buruk itupun terulang lagi.

Lionel Messi dan kawan-kawan telah gagal dalam menaklukkan Valencia sehingga pada akhirnya mereka harus menelan kekalahan kedua mereka di musim ini. Sebelumnya Barca juga mengalami kekalahan 0-1 dari Athletic Bilbao di San Mames. Berbagai kesalahan yang telah dilakukan oleh pemain Barcelona sehingga dapat dipermalukan oleh Valencia dengan skor 2-3. Terutama pada babak kedua ketika Valencia dapat membekukan dua gol dengan skema permainan yang sama yakni menyerang dari sayap.

Gerardo Martino selaku pelatih Barcelona mengaku kecewa dengan permainan tim saat kalah dari Valencia. Pelatih berusia…tahun tersebut tidak habis pikir mengapa Lionel Messi dan rekan – rekannya di tim tidak dapat mengalahkan Kalelawar Mestalla. Melihat keadaan itu, berikut ini faktor-faktor penyebab kekalahan yang dialami Barcelona diantaranya:

1.      Tidak cepat melakukan tambahan gol pada babak pertama

Tim Barca tampil dengan bagus pada 30 menit babak pertama. Mereka sukses mempassing dengan cepat, melakukan kontrol terhadap bola dan berada di pertahanan lawan. Hal yang menjadi masalah adalah Barca tidak mampu memanfaatkan dominasi permainan itu untuk kembali membukukan gol setelah Alexis Sanches mengemas golnya pada menit ke-7.

2.      Pertahanan Barcelona lemah

Gol kedua yang dibukukan Valencia terjadi karena lengahnya pertahanan Barca. Pablo Piatti dapat mengalahkan Diego Alves ketika berebut bola di udara disebabkan Piatti mempunyai badan yang tinggi. Alves bahkan terlihat tidak melakukan lompatan untuk merebut bola. sedangkan gol selanjutnya terjadi karena kelihaian dari Sofian Feghoulli yang dapat melewati empat orang bek Barca. Valencia mengejutkan Barca dengan umpan tarik yang mereka lakukan.

3.      Tim Barca mengendurkan serangan setelah 30 menit

Messi dkk melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan yakni berpuas diri saat skor masih bertahan 1-0. Oleh karena itu, Barca mulai mengendurkan serangan mereka dengan banyak menunggu bola. namun sayang, pemain yang terlalu percaya diri tersebut mulai melakukan kesalahan dan Valencia pada akhirnya menyamakan kedudukan sebelum babak pertama berakhir.

4.      Tidak memaksimalkan pemain cadangan yang ada

Tata Martino hanya melaksanakan dua kali pergantian. Dia tidak sempat untuk melakukan pergantian untuk ketiga kali meskipun timnya telah tertinggal dan kehilangan salah satu pemain dikarenakan kartu merah Jordi Alba.

5.      Tidak Mampu Bereaksi

Kondisi ketidakmampuan Barca ini terjadi pada saat melawan Athletic Bilbao dan Glasgow Celtic. Barca gagal dalam memberikan reaksi setelah mereka tertinggal angka dengan Valencia. Barcelona juga nyaris tidak mampu membuat peluang gol. Hanya terdapat peluang ketika Lionel Messi gagal memanfaatkan kaki kanannya.