David Healy Putuskan Gantung Sepatu

David Healy Putuskan Gantung Sepatu

David Healy Putuskan Gantung Sepatu – Pencetak gol tersubur sepanjang masa Irlandia Utara David Healy memutuskan untuk gantung sepatu. Keputusannya ini dianggap merupakan salah satu momen bersejarah bagi persepakbolaan Britania Raya, mengingat kontribusinya sangat besar di area tersebut.

Salah satu keputusannya untuk gantung sepatu dari cabang olahraga yang membesarkan namanya itu disebabkan karena permasalahan engkel yang tidak kunjung membaik dan sulit untuk bisa kembali ke sedia kala.

Alhasil, ujung tombak berusia 34 tahun itu tidak ada satu klub pun yang meminangnya, setelah kontraknya dengan klub Inggris, Bury, tidak diperpanjang lagi pada musim panas ini. Sehingga ia kini siap meniti karirnya yang baru baik sebagai pemandu bakat dan juga pelatih.

Healy mengatakan: “Tentu saja ini merupakan sebuah penghargaan besar dan saya sangat berterima kasih bisa diberikan kesempatan untuk mengenakan kostum kebesaran tim nasional Irlandia Utara, sekaligus menunjukkan rasa sukacita dan kebanggaan yang besar kepada semua orang mengenai negara ini dan saya berharap bisa tetap berada di dunia sepakbola, dengan meniti karir yang baru sebagai pelatih, agar membantu kesuksesan bagi Irlandia Utara.”

Sosok Healy lebih banyak dikenal di publik Inggris, setelah ia mengawali karir profesionalnya untuk klub Manchester United dan total 11 klub mewarnai karirnya di atas lapangan hijau, termasuk klub Preston North End, Leeds United, Fulham, Sunderland dan Rangers. Namun kenangan yang tidak akan pernah dilupakannya adalah ketika bermain untuk Irlandia Utara.

Selama membela panji Irlandia Utara, Healy telah menjaringkan 36 gol dari 95 pertandingan, dan hampir tiga kali lebih banyak dari rival terdekatnya, Colin Clarke dan Billy Gillespie, dan hanya Pat Jennings yang bermain lebih banyak untuk tim nasional.

Pelatih Irlandia Utara Michael O’Neill mendeklarasikan: “Ini merupakan salah satu keputusan emosional dalam karir David Healy. Ia merupakan seorang pesepakbola yang handal dan mengharumkan nama negara di kancah internasional.

“Bagi kami ia sudah seperti contoh panutan yang layak diikuti pemain lain dan tentunya, kapasitasnya juga telah mendapat tempat di hati pencinta Irlandia Utara.

“Tingkat komitmennya dalam membela Irlandia Utara di ajang internasional bisa menjadi contoh bagi pemain-pemain internasional yang lain dan tentu bagi pemain masa depan di negeri ini. Kiranya apa yang telah dilakukan David Healy di masa lampau bisa membangkitkan semangat dan etos kerja yang keras dari generasi muda.

“Saya tahu David sudah pasti bakal menerima berbagai tawaran untuk melatih salah satu klub, entah itu di negara ini atau pun di Inggris.

“David juga telah melakoni perannya sebagai pemandu bakat untuk tim senior Irlandia Utara dan turut berperan penting dalam perkembangan tim nasional Irlandia Utara U-17.

“Saya secara pribadi ingin mengucapkan terima kasih kepada David Healy, atas kontribusinya dalam membantu mengembangkan sepakbola Irlandia Utara dan saya siap menatap ke depan dan bekerja sama dengannya di masa mendatang.”