Copa Del Rey Lambang Supremasi Spanyol

COPA DEL REY LAMBANG SUPREMASI SPANYOL

Berita Utama Bola – Copa del Rey atau Piala Raja adalah piala kompetisi tahunan sepak bola untuk tim sepak bola Spanyol. Nama lengkap adalah Campeonato de España – Copa de Su Majestad el Rey. Seperti Piala di turnamen Kaisar Jepang adalah salah satu kompetisi sepak bola paling terkenal bertuliskan nama seorang raja.

Kompetisi pertama kali digulingkan pada tahun 1903, sampai menjadi kompetisi sepak bola Spanyol tertua. Biasanya, pemenang Copa del Rey pergi ke Liga Eropa.

Pemegang saat ini Atletico Madrid, yang memenangi 10 gelar Piala Raja Spanyol melawan rival sekotanya Real Madrid pada 2013. Copa del Rey terakhir diadakan di Estadio Santiago Bernabeu. FC Barcelona telah memenangi piala tersebut  dengan 26 kemenangan.

Pada tahun 1902, sebuah kompetisi dengan nama Copa de la Coronación, dimainkan setelah Carlos Padrós, yang kemudian menjadi presiden Real Madrid, menyarankan sebuah turnamen sepak bola untuk merayakan penobatan Raja Alfonso XIII. Empat tim lainnya bergabung dengan Madrid FC untuk kompetisi: FC Barcelona, klub Español de Foot-Ball, New Foot-Ball de Madrid dan klub Bizcaya (tim terdiri dari pemain dari Athletic Club dan Bilbao FC) yang akhirnya dikalahkan Barcelona di final . Piala yang dipamerkan di museum Athletic Bilbao dan termasuk kemenangan dalam daftar kehormatannya. Namun, itu dianggap hanya pendahulu dari Copa del Rey dan Federasi Sepakbola Spanyol secara resmi tidak mengenalinya – Berita Utama Bola

Copa del Rey adalah sepak bola Kejuaraan Nasional Spanyol dari 1903 sampai terbentuk dasar dari Campeonato de Liga – Liga Championship – pada tahun 1928. Pada awalnya dikenal sebagai Copa del Ayuntamiento de Madrid(Piala Dewan Kota Madrid). Antara 1905 dan 1932, ia dikenal sebagai Copa de Su Majestad El Rey Alfonso XIII (Piala Mulia Raja Alfonso XIII).

Sebelum pembentukan La Liga pada tahun 1929, kompetisi itu efektif menjadi kejuaraan nasional. Tim yang memenuhi syarat untuk masuk harus melalui liga regional mereka. Selama bertahun-tahun, berbagai format, termasuk babak grup telah digunakan.

22 Desember 2010, pada rapat umum luar biasa dari Royal Federasi Sepakbola Spanyol, Pada tahun 2010 Klub sepak bola Sevilla  meminta izin dari Federasi sepak bola Spanyol untuk menjaga trofi mereka ketika memenangkan  akhir untuk memperingati kemenangan tim nasional Spanyol di Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan. Sudah ada preseden untuk ini; Real Madrid diizinkan untuk menjaga pertama Copa de la República (1936), Sevilla, Copa del Generalísimo (1939) dan, Atletico Madrid, Copa del Generalísimo (1976).

Sebuah trofi baru dibuat oleh Federico Alegre. Piala, terbuat dari perak, beratnya 15 kg (33 pon) dan tinggi 75 cm (30 in). Pada 21 April 2011, Real Madrid menjadi penerima pertama piala – Berita Utama Bola