Agen Bola Piala Dunia Meramalkan Sepak Bola Bangsa

Agen Bola Piala Dunia Meramalkan Sepak Bola BangsaAgen Bola Piala Dunia Meramalkan Sepak Bola Bangsa – Kita mungkin selalu disuguhi dengan kejayaan sepak bola Indonesia pada zaman dahulu kala. Indonesia adalah negara pertama di benua Asia yang mampu melaju sampai putaran final Piala Dunia walau namanya bukan Indonesia tapi Hindia Belanda. Indonesia merupakan salah satu negara Macan Asia sepak bola.

Jepang, Korea Selatan bahkan semua negara di Timur Tengah bukanlah lawan sepadan negeri kita. Kita bahkan pernah adu kuat dengan Korea Utara yang merupakan perempat finalis Piala Dunia sebelum pada akhirnya dipecahkan oleh Korea Selatan pada Piala Dunia 2002 pada saat Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama Jepang. Indonesia adalah negara sepak bola berbagai julukan disematkan tapi itu dulu.

Sekarang, tidak lagi. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia alias PSSI yang merupakan organisasi tertua sepak bola di Asia justru lebih sering terdengar ribut dan kisruhnya dibandingkan terobosan prestasinya. Para pengurus PSSI lebih sering mengurus diri mereka sendiri dari pada mengurusi Liga Indonesia. Mereka juga lebih sibuk mencalonkan diri mereka menjadi anggota legislatif atau mengurusi bisnis hal ihwal yang membuat mereka semakin kaya. Belum lagi kue sponsor yang ada beberapa masuk ke kantong mereka. Juga ditenggarai berbagai macam suapan titipan agar pemain bisa masuk tim nasional di usia dini atau pun seminimalnya ikut seleksi agar punya kesempatan masuk. Para pemain tim nasional juga merupakan salah satu akibat dari salah urus PSSI.

Pertanyaannya mau jadi apa sepak bola negeri ini jika pada saat ini saja harus seperti ini? Hendak ke mana sepak bola yang merupakan olah raga paling digemari di seantero negeri? Siapa yang mampu mengurai benang kusut kisruh sepak bola nasional ini? Dan banyak pertanyaan yang lainnya seolah tidak selesai dan tidak terjawab. Kalau terus seperti ini diprediksikan bahkan dalam 6 tahun ke depan saja Indonesia mungkin tidak akan bisa mencapai semi final Piala AFF. Negara di kawasan Asia Tenggara sudah mulai berbenah untuk melakukan pembinaan sepak bola.

Thailand tidak usah dipertanyakan lagi bagaimana pembinaan usia dini mereka, Malaysia dengan program Liga Berjenjang Malaysia, Singapura dengan S League bahkan memulai kompetisi dari usia 13 tahun. Vietnam sudah menggalakkan kompetisi sepak bola antar sekolah seperti di Jepang. Myanmar sudah membangun akademi sepak bola terpusat. Lihat sudah lima negara yang mempunyai program.

Maka, prediksinya pada Sea Games 2019 dan atau AFF 2020 jika Indonesia tidak berbenah Indonesia tidak bisa mencapai semi final kompetisi sepak bola kawasan ini. Bayangkan saja Indonesia sudah tertinggal oleh Thailand, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Vietnam. Suram sekali masa depan sepak bola negeri ini jika tidak ada juga perubahan Agen Bola Piala Dunia.